Kamu pernah nggak ngalamin laptop kamu tiba-tiba terasa panas? Efek panas yang berkelanjutan akan membuat laptop kamu bisa overheating loh. Untuk menghindari penyakit ini, kamu tentunya wajib tahu dulu apa penyebab laptop overheating.

6 Penyebab Laptop Menjadi Panas Berlebihan atau Overheating

Teknotrone ID - Overheating adalah masalah yang sering muncul pada laptop dimana laptop dalam keadaan panas yang berlebihan. Kebanyakan masalah  ini disebabkan karena menggunakan laptop secara berlebihan.

Namun, ternyata ada kebiasaan lain yang menyebabkan panas berlebihan pada laptop. Berikut akan dijabarkan mengenai penyebab laptop overheating.

1. Menggunakan Laptop Diatas Kasur

Kira-kira kenapa ya kebiasaan menggunakan laptop diatas kasur bisa membuat laptop panas? Padahal kan paling enak mainan laptop diatas kasur sambil tiduran. 

Di laptop kamu pasti ada kipas yang berguna untuk mendinginkan laptop, lebih tepatnya membantu laptop tidak memiliki panas yang berlebihan.

Kebiasaan menggunakan laptop diatas kasur bisa menimbulkan panas berlebihan atau overheating karena debu diatas kasur akan tersedot ke kipas laptop dan menyebabkan debu menumpuk.

Akibat debu yang menumpuk ini akan menjadikan kipas tidak bekerja secara maksimal. Logis bukan?

2. Menggunakan Laptop Sambil Ngecas

Laptop itu sifatnya mirip dengan smartphone android loh. Gak baik jika di gunakan sambil ngecas. Terus apa hubungannya ngecas sama panas di laptop? Berikut penjelasannya.

Laptop yang di cas tentunya aka menerima arus listrik secara terus menerus bukan? Nah sifat dari listrik itu bisa di bilang sebagai pemicu energi kalor (panas).

Penerimaan daya secara terus menerus ini akan menyebabkan laptop, terutama bagian baterai tidak berhenti bekerja.

Efeknya akan panas, parahnya lagi, baterai laptop akan mudah soak dan tidak awet meskipun tipe baterainya sudah Li-ion.

3. Tidak Mencabut Charger Saat Baterai Penuh

Kebiasaan ketiga ini kasusnya hampir sama dengan kebiasaan di atas, bedanya di kebiasaan ketiga ini yakni selain menggunakan laptop sambil ngecas, kebiasaan ini juga membiarkan charger tetap di colok meskipun indikator baterai menandakan telah terisi penuh.

Kira-kira sudah kebayangkan apa yang akan terjadi? Yups.... Baterai kamu akan tidak awet cepat soak dan laptop kamu akan cepat panas.

4. Tidak Ada Pendingin Laptop

Waah, dari judulnya aja kita pasti langsung paham kan maksud dari kebiasaan ke empat yang menyebabkan laptop cepat panas ini?

Karena Teknotrone sudah yakin kamu paham maksud kebiasaan in, jadi Teknotrone cuma ingin memberikan saran untuk membeli kipas tambahan, tenang.... Harganya gak mahal kok.

5. Memakai Laptop Tanpa Jeda Istirahat

Meskipun lagi sangat-sangat membutuhkan laptop untuk mengejar suatu target yang ingin di capai, kamu tetap harus memberikan kesempatan pada laptop kamu untuk istirahat.

Gak perlu waktu banyak kok? Sampai laptop gak terasa panas itu TrenDi Tekno rasa sudah cukup.

6. Tidak Ada Sirkulasi Udara Di Sekitar Laptop

Ruangan yang sempit tidak akan baik untuk siapapun termasuk laptop kamu. Kenapa? Karena ruangan yang sempit tentunya tidak mempunyai sirkulasi udara (tempat pertukaran udara sekitar) yang cukup.

Hal ini tentunya akan memerangkap panas di dalam laptop kamu. Logiskan penjelasan mengenai kebiasaan yang bisa menyebabkan panas ini? Jadi TrenDi Tekno sarankan untuk tidak melakukan hal kejam ini pada laptop kamu.