Memperbaiki smartphone ke tempat service? Pastinya pernah dunk! Tapi pernahkah kamu tahu kalau ada hal yang penting dan wajib kamu lakukan sebelum memperbaiki smartphone rusak kamu ke tukang service? Jika tidak kamu lakukan, smartphone kamu terancam berbahaya.

Hal Yang Wajib Dilakukan Sebelum Memperbaiki Smartphone Ke Tempat Service

Teknotrone - Smartphone merupakan "sahabat setia" para pencinta gadget yang paling manja. Jatuh sedikit saja, kemungkinan smartphone tersebut akan mulai terasa error. Ditambah lagi masalah smartphone seperti mesin yang mudah panas, hasil rooting smartphone android yang gagal dan lain sebagainya yang mengharuskan kita menservice smartphone segera.

Namun ternyata, ada beberapa hal yang sangat wajib kita lakukan sebelum memperbaiki Smartphone ke tempat service. Karena hal ini akan mempengaruhi kinerja smartphone kamu kedepan. Untuk itu, perhatikan hal-hal yang perlu dilakukan sebelum service HP yang dirangkum khusus oleh TrenDi Tekno untuk kamu.

memperbaiki smartphone ke tempat service

1. Jangan Lupa Melepas SIM dan Memori Card

Biasanya kita memang memperbaiki smartphone ke tempat service langganan kita. Jadi membuat kita merasa aman saja ketika membiarkan SIM dan Memori Card tetap tertanam didalam HP. Tetapi tahukah kamu, ketika melakukan service, bisa saja yang memperbaiki HP kita bukanlah orang yang sama. SIM Card dan Memori adalah salah satu bagian data paling rahasia yang tidak boleh dibaca oleh siapapun tanpa izin kita.

Selain itu, kejadian SIM Card dan Memori Hilang saat service sering kali terjadi. Bahkan ada memori yang tertukar kayak film sinetron. So, hal ini menjadi poin pertama yang wajib kamu lakukan saat memperbaiki HP.

Oleh karena itu, sebelum memperbaiki smartphone ke tempat service, pastikan dengan benar bahwa SIM dan Memori Card tidak ada didalam Smartphone. Apalagi bagi kamu yang suka nyelipin SIM Card didalam casing HP.

2. Back Up dan Hapus Kontak Yang Ada di Smartphone

Kontak telepon dan lain sebagainya sering kali menjadi target utama para oknum tukang service jahil. Beberapa kasus penipuan sering terjadi diakibatkan data kontak kita bocor saat memperbaiki smartphone. Walau tidak banyak, namun paling tidak akan ada beberapa Kontak Teman kamu yang dianggap kece yang bakal disave untuk diajak kenalan.

Untuk itu, baiknya kamu backup seluruh kontak di smartphone kamu dan menghapusnya sebelum memperbaiki smartphone ke tempat service. Kamu cukup menggunakan akun Gmail untuk membackup seluruh data secara online. Jadi, kamu hanya perlu mencopot akun email kamu dari smartphone. Tetapi bagaimana jika HP mati total? Kamu bisa tetap melakukannya melalui Data Recovery yang disediakan Google. Dan putuskan akun email kamu dari smartphone melalui Google Recovery tersebut. Mudah bukan?

3. Ajukan Install Ulang Terlebih Dahulu

Poin yang ketiga ini adalah hal penting yang wajib dilakukan sebelum memperbaiki smartphone ke tempat service. Biasanya, jika konsumen bertanya terkait kerusakan HP, maka si tukang akan menjawab "Kami periksa dulu yah". Nah, ketika kamu mendapatkan jawaban ini, maka siap-siap saja kamu akan merogoh kocek yang lumayan besar.

Rata-rata permasalahan Smartphone yang Error, hidup hanya sebatas logo, ataupun mati mendadak, hanya memerlukan Install ulang saja. Pihak jasa service-pun biasanya akan melakukan hal tersebut terlebih dahulu. Oleh karena itu, ketika kamu ingin memperbaiki Smartphone kamu ke tukang service, kamu cukup minta untuk di Install Ulang saja. Jika tidak berhasil, yah biasanya kamu nggak dimintai bayaran kok.

4. Minta Untuk Tidak Menginstal Aplikasi

Sebelum memperbaiki smartphone ke tempat service, ada baiknya kamu mengingat hal ini. Nah, bagian yang keempat ini memang cukup sulit untuk dilakukan. Pasalnya, kita paling malas untuk mendownload ulang aplikasi yang sudah terhapus saat diinstall. Alasannya sih klasik, untuk hemat kuota. Padahal, Aplikasi yang diinstall oleh pihak jasa perbaikan, belum tentu aplikasi smartphone yang sah. Bisa saja aplikasi tersebut aplikasi bajakan yang sudah ditanami iklan yang bisa buat smartphone kamu jadi boros baterai dan cepat panas.

Mungkin kamu pernah mengalaminya bukan, ketika kamu membuka HP, tiba-tiba saja muncul iklan bergentayangan di layar ponsel. Ini adalah Iklan yang datang melalui Akun Adsense Admob. Pastinya kita nggak ngerasa nyaman saat menggunakan smartphone yang bejibun iklan.

Selain itu, terkadang ada aplikasi yang tidak penting seperti aplikasi Berita yang sengaja diinstall untuk mengejar iklan. Dan parahnya lagi, aplikasi ini susah sekali untuk dihilangkan. Jadi pastikan terlebih dahulu ke tukangnya sebelum memperbaiki smartphone ke tempat service.

5. Minta Untuk Konfirmasi Sebelum Melakukan Pergantian Mesin

Dan yang terakhir adalah, kamu jangan lupa untuk bilang sama tukang servicenya, untuk konfirmasi dulu sebelum ganti sparepart. Hal ini wajib dilakukan menimbang kita tidak tahu harga yang akan kita keluarkan dan resiko apa yang akan dialami. Jujur saja, ketika sparepart sudah diganti, maka ada komponen palsu (bukan bawaan HP) yang akan memperlambat kerja smartphone.

Kamu bisa meninggalkan nomor hp kamu dan titip pesan supaya jangan sembarangan ganti mesin. Kalau sudah terlanjur, sebaiknya kamu minta sparepart yang diganti tadi sebagai bukti bahwa benar-benar smartphone kamu perlu dipermak. Tidak perlu malu, apalagi takut. Karena itu smartphone kamu, dan itu hak kamu untuk tahu.

Dari kelima hal wajib yang perlu diketahui sebelum memperbaiki smartphone ke tempat service, adakah diantaranya yang sudah kamu lakukan? Untuk itu, biar kamu nggak lupa, share artikel ini ke media social kamu biar tersave secara otomatis.