Saat ini banyak orang yang mengalami masalah WhatsApp error di android mereka. Error di WhatsApp ada bermacam-macam. Seperti yang kita tahu, bahwa WhatsApp yang error di android terjadi dikarenakan oleh banyak sebab. Seperti aplikasi WA yang sudah kadaluarsa, perangat tidak kompatibel, dan sebagainya.

Untuk mengatasi WhatsApp bermasalah di Android, terlebih dahulu kita harus tahu apa permasalahan yang dialami. Karena beda masalah, beda juga cara mengatasi WhatsApp Error.

Permasalahan yang sering kali dialami oleh pengguna aplikasi WhatsApp Android seperti, WhatsApp tidak bisa kirim pesan, tidak bisa kirim dan menerima video, tidak bisa menyimpan foto dan video, WhatsApp tidak bisa menelepon atau video call, dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi WhatsApp Error di Android

mengatasi whatsapp error di android

Kali ini, Teknotrone datang membawa beberapa cara terbaik untuk mengatasi WhatsApp Error di Android tercinta kamu. Seperti yang sudah saya sebutkan, beda masalah, beda cara mengatasinya. Berikut ini beberapa masalah WhatsApp yang sering terjadi pada Android

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting terbaik, dengan lebih dari 10% orang di dunia menggunakan WhatsApp. Tapi bagaimana jika aplikasi ini mengalami masalah? Jika aplikasi WhatsApp error tentu akan mengganggu aktivitas dalam mengirim pesan

1. WhatsApp Error Saat Diinstall

Permasalahan yang paling sering dijumpai pada WhatsApp, adalah tidak bisa diinstall. Jika masalah terletak pada aplikasi, kamu sebaiknya memeriksa apakah kamu sudah menggunduh aplikasi resmi melalui Playstore

Biasanya WhatsApp yang tidak bisa diinstall dikarenakan aplikasi tersebut sudah kadaluarsa. Aplikasi yang terbaru pada WhatsApp terkadang menggunakan spesifikasi minimal sistem operasi.

Untuk itu silahkan cek aplikasi WhatsApp kamu terlebih dahulu dengan cara memilih Setting » About Phone. Disana akan tertera versi OS Android yang sedang digunakan.

Jika kamu mengalami masalah saat install WhatsApp di Google Play dan muncul kode error, mungkin masalahnya ada pada aplikasi Google Play. Jadi kamu perlu memperbaiki aplikasi Google Play Store terlebih dahulu.

2. Tidak Mendapatkan Kode Aktivasi WhatsApp

Masalah kedua yang sering dijumpai para pengguna WhatsApp adalah tidak adanya kode aktivasi. Biasanya kode aktivasi ini dikirimkan bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakan aplikasi.

Jika kamu berhasil menginstall WhatsApp di HP Android kamu, tetapi tidak mendapatkan kode aktivasi, terlebih dahulu kamu harus mengecek apakah kamu sudah menginput nomor HP yang benar.

Ketika memasukan nomor HP, pastikan kamu memasukkan kode area negara. Kode negara untuk Indonesia sendiri yaitu +68. Jika nomor HP sudah benar, tetapi kode aktivasi tidak dikirim lewat SMS, kamu bisa menggunakan opsi panggilan suara.

Kamu akan menerima panggilan suara dari robot WhatsApp, panggilan tersebut akan menyebutkan kode aktivasi (dalam bahas inggris).

Pastikan sinyal dan jaringan bagus saat kamu akan menerima sms maupun voice call yang berisi kode aktivasi. Dan ingat, satu nomor ponsel hanya bisa digunakan pada satu perangkat Android saja.

3. WhatsApp Tidak Bisa Dibuka, Down atau Tidak Bisa Konek

Ketika WhatsApp Error tidak mau dibuka, maka pertama kali yang harus kamu lakukan adalah mengecek koneksi pada jaringan internet. Biasanya jaringan Internet yang bermasalah menjadi penyebab tidak bisanya aplikasi WhatsApp dibuka.

Jika aplikasi whatsapp tidak bisa kirim pesan, kamu dapat mencoba cara berikut ini:
  1. Pastikan kamu menginstall versi WhatsApp yang terbaru.
  2. Cek koneksi internet, pastikan koneksi internet (Wi-Fi atau koneksi Data) berjalan dengan baik. Pastikan kuota data masih ada jika kamu menggunakan koneksi data mobile.
  3. Jika kamu memasang aplikasi sejenis Task Killer, pastikan aplikasi tersebut tidak mematikan aplikasi WhatsApp.
  4. Lakukan pengosongan cache. Caranya pergi ke Setting » Applications » WhatsApp » Clear Cache.
  5. Cara terakhir jika cara diatas tidak work, yaitu dengan menginstall ulang aplikasi WhatsApp.
Namun tidak semua WhatsApp yang bermasalah disebabkan oleh aplikasi atau HP kamu. Bisa saja error yang terjadi pada WhatsApp disebabkan oleh server utama yang sedang down. Jika hal ini terjadi, kita hanya bisa bersabar.

4. Aplikasi WhatsApp Tidak Dapat Mendeteksi Kontak

Jika aplikasi whatsapp bermasalah tidak dapat mendeteksi kontak pada smartphone Android, ada beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab , dan berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.
  1. Pastikan kamu sudah memasukkan nomor kontak dengan benar.
  2. Pastikan nomor mereka juga menggunakan aplikasi WhatsApp.
  3. Gunakan versi WhatsApp yang terbaru.
  4. Di daftar kontak pada smartphone, pastikan kamu sudah men-setting agar bisa dilihat (baik oleh manusia maupun aplikasi). Hal ini juga berlaku untuk grup kontak.

5. Aplikasi WhatsApp Tidak Bisa Memutar Video

Jika WhatsApp tidak bisa memutar video, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Simak baik-baik tahapan ketika terjadi masalah pada WA tidak bisa putar video ini:
  1. Cek terlebih dahulu apakah kamu sudah menginstall versi terbaru aplikasi Google Photos.
  2. Jika belum menggunakan versi terbaru, segera lakukan pembaruan di Google Play sekarang juga.
  3. Jika cara diatas tidak berhasil, cobalah pergi ke menu Setting » Apps » Google+ dan tap Uninstall updates.

6. WhatsApp Tidak Bisa Voice Call atau Tidak Bisa Menjawab Voice Call

Ketika kamu tidak bisa melakukan voice call atau menerima voice call, itu menandakan bahwa aplikasi WhatsApp kamu error. Tetapi ternyata, cara mengatasinya sangatlah gampang.

Voice Call erat kaitannya dengan koneksi internet. Untuk itu gunakan koneksi internet terbaik seperti jaringan LTE atau 4G agar sinyal internet kamu tetap stabil. Jadi, pastikan koneksi internet (Wi-Fi atau data mobile) kuat dan cepat.

Selain itu, pastikan orang yang menghubungi kamu lewat voice call whatsapp, juga memiliki koneksi Internet. Karena untuk menggunakan layanan ini, diperlukan koneksi internet dua arah yang bagus.

7. WhatsApp Tidak Bisa Memutar Pesan Audio

Masalah ini mungkin berhubungan dengan fitur proximity sensor yang diandalkan oleh WhatsApp. Biasanya, proximity sensor bisa kamu temukan dekat kamera depan di smartphone android.

Pastikan fitur tersebut tidak rusak dan jangan dekatkan perangkat ke muka atau telinga saat ingin mendengarkan pesan audio dari WhatsApp. Jangan lupa untuk menaikkan volume jika suara terlalu pelan.

8. Tidak bisa download foto atau video di WhatsApp

Untuk mengatasi masalah ini, cobalah pergi ke Settings » Data usage dan lihat apakah kamu sudah mengaktifkan mengaktifkan fitur media auto-download.

Jika belum, cobalah aktifkan fitur ini agar bisa mengunduh foto dan video dari WhatsApp. Pilih salah satu metode download yang ada:
  1. When using mobile data: auto-download akan bekerja jika kamu menggunakan data mobile saat menggunakan WhatsApp.
  2. When connected on Wi-Fi: pilih ini jika kamu menggunakan koneksi Wi-Fi.
  3. When roaming: pilih ini jika kamu berada di luar negeri.
Dan jangan lupa untuk mencentang file apa saja yang akan didownload. Dalam kasus ini, pilih Images dan Video.

Mungkin itu saja yang dapat Tim Teknotrone berikan terkait mengatasi WhatsApp error atau bermasalah di Android. Walau masih banyak masalah yang terdapat saat menggunakan WhatsApp, biasanya semua terletak pada aplikasi yang belum duperbaharui, sistem operasi smartphone android yang tidak sesuai atau kompatibel, dan koneksi internet. Jadi pastikan terlebih dahulu ketiga hal tersebut yah.