Pernahkah kamu mendengar narator atau pengisi suara Transformer? Atau juga mendengar suara BossDarling, sang penggerak Komunitas Flat Earth Indonesia di YouTube. Banyak yang terkagum-kagum dengan narator tersebut. Karena dengan suara beratnya, menjadikan narasi video seakan menjadi lebih hidup.

Untuk mengubah suara menjadi terdengar lebih berat atau juga lebih tinggi, sebenarnya sangat mudah. Dengan menggunakan Adobe Premiere Pro, kamu bisa mengedit video sekaligus mengedit audio dengan sangat mudah. Kamu bisa mengedit suara jadi unik dan keren layaknya pengisi suara Transformer.

Cara Mengedit Suara Jadi Unik dengan Adobe Premiere Pro

Cara Mengedit Suara Narasi Video Jadi Unik

Jika para audio editor sering menggunakan software editor audio menggunakan audio mixing, kali ini kamu cukup menggunakan Adobe Premiere Pro saja. Seperti yang kita tahu, bahwa software Adobe Premiere memiliki berbagai macam fitur, termasuk fitur editing audio.

Baca Juga : 5 Aplikasi Edit Video Untuk PC di Windows Terbaik

Plugin Audio Editor yang tersemat pada Adobe Premiere ini, bisa sangat membantu kamu untuk membuat sebuah video dengan suara narator yang unik. Kamu bahkan tidak memerlukan lagi Suara Narasi Google, yang menurut saya sangat tidak menarik dan kaku.

Sebelum memulai cara mengedit suara atau audio menjadi unik, silahkan terlebih dahulu kamu download aplikasi Adobe Premiere Pro dengan link berikut ini :

Download Adobe Premiere Pro 2019 Full Version Gratis dengan Serial Number

1. Menyiapkan File Audio Yang Ingin Diedit

Jika kamu sudah menginstall aplikasi Adobe Premiere di PC kamu, saatnya menyiapkan file Audio atau Suara yang ingin diedit menjadi unik. Kamu bisa menggunakan perekam suara menggunakan HP, atau alat recorder lainnya.

Jika kamu ingin merekam suara kamu menggunakan HP, sebaiknya gunakan Perekam Video dengan kualitas video tertinggi. Jangan gunakan recorder suara bawaan HP yah, karena suara yang dihasilkan tidak maksimal.

Setelah kamu sudah merekam suara kamu menggunakan video recorder, kamu bisa mengubahnya menjadi mp3 agar mudah untuk di edit. Tidak perlu malu dengan suara cempreng, karena kamu bisa dengan mudah mengubah suara cempreng menjadi keren dan unik mirip Narator Film.

Namun Jika file suara yang ingin di edit sudah tertanam di video yang akan diedit, kamu tidak perlu mengubahnya ke mp3. Karena dengan Adobe Premiere, Video dan Audio akan terpisah secara otomatis dalam Story Boardnya.

2. Buka Aplikasi Adobe Premiere

Setelah file audio atau suara yang ingin diedit jadi unik siap, maka silahkan buka aplikasi Adobe Premiere tersebut. Masukkan file audio ke kolom media dan tarik ke story board. Perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Edit Suara narasi video jadi Unik

Setelah itu pilih menu Effects dan pilih Audio Effects. Perhatikan gambar di bawah ini :

Mengubah Suara Narasi Video Jadi Unik dan Keren

Pada jendela effects, scroll ke bawah dan pilih plugin "Pitch Shifter". Plugin ini berfungsi untuk menurunkan atau meninggikan Tone suara kamu. Baik menjadi lebih berat, ataupun lebih tinggi mirip suara Chipmonk.

Silahkan tarik plugin "Pitch Shifter" dengan menggunakan Mouse dan arahkan ke audio yang ingin diedit menjadi lebih unik. Perhatikan gambar dibawah ini :

mengedit suara narasi video jadi unik dan keren

Jika plugin sudah kamu masukkan pada file audio tersebut, pilih tombol "Edit" seperti gambar yang ditandai dengan angka "2" diatas. Maka akan muncul jendela baru (Nomor 3) yang dimana merupakan proses akhir dalam mengedit suara narasi video menjadi lebih unik dan keren.

Untuk membuat suara video kamu menjadi lebih berat, kamu cukup menggeser "Semi-Tones" ke kiri. Dan jika ingin membuat suara menjadi lebih tinggi, maka kamu bisa geser ke kanan. Dan dengan demikian, kamu sudah selesai mengedit suara narasi pada video kamu menjadi lebih berat mirip pengisi suara Transformer.

Kesimpulan

Bagaimana? Sangat mudah bukan membuat suara (audio) jadi unik dengan menggunakan Adobe Premiere Pro ini. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar editing video, kamu bisa mengirimkan komentar kamu di bawah.

Dalam dunia tarik suara, Pitch Shifter biasa digunakan untuk mengatur tinggi rendahnya Nada Dasar yang digunakan. Atau biasa dikenal dengan transpose. Misalnya, Nada dasar suara yang kamu gunakan adalah Nada Dasar "C", maka dengan Pitch Shifter ini, kamu bisa menaikkan Nada Dasar suara kamu menjadi "F" atau bahkan lebih tinggi.

Semoga bermanfaat, dan Salam Teknotrone - Situs Informasi Teknologi Terupdate.